Kamis, 13 November 2014

Pengalamanku, Sedikit Kontribusi Membantu Teman

"Tuliskan bagaimana cara anda memberi manfaat kepada orang banyak tanpa pamrih...?" itulah tema ke -3 di challenge 10 hari menulis dalam memperingati hari pahlawan. Bagi saya ini bukan hanya sebagai challenge supaya semangat menulis, supaya rajin menulis tapi juga sebagai ajang untuk merenung dan menjadi pribadi yang lebih baik, ceilehhh gaya banget.  Tema ke - 3 ini seperti tamparan keras untuk saya, langsung merenung, nggak bisa langsung memainkan jemari di atas tuts keybord untuk menyusun dan merangkai tulisan. Ngomong-ngomong tentang manfaat untuk banyak orang jadi ingat pada kelas inspirasi. Begitu saya resign dari tempat kerja langsung searching tentang kelas inspirasi, mengapa? Saya ingin menjadi manusia yang berguna untuk orang lain. Sebenernya untuk menjadi berguna untuk orang banyak tidak harus dengan mengikuti kelas inspirasi tetapi masih banyak jalan lain.

Kelas inspirasi awalnya saya tahu dari seorang teman, dia daftar untuk menjadi volunteer mengajar untuk sekolah yang akan dilaksanakan di Bogor dan ternyata diterima, terus bercerita tentang persiapan dan kegiatan mengajar tersebut. Teman saya menganjurkan saya untuk ikut mengingat banyak banget manfaat dari ikut acara tersebut, yang pasti buat nagih tahun depan mau ikutan lagi. Kelas inspirasi setelah Bogor akan dilaksanakan di Depok. Saya disarankan oleh temen untuk ikut yang di depok, suapaya lokasi tidak terlalu jauh dari Bogor. Namun, saya tidak berani mendaftarkan diri saat itu mengingat pelaksanaan kelas inspirasi pada hari kerja dan technical meeting diselenggarakan pada hari sabtu, sedangkan saya masuk kerja pada hari sabtu. Nanti saja kalau sudah resign kerja baru ikutan, biar tenang, tidak pusing dengan waktu. Eh, setelah resign malah sudah lewat pelaksanaan kelas inspirasi. Oh iyah, teman-teman jika nanti ada acara atau dicari volunteer untuk semacam kelas inspirasi, kasih tahu saya, kontak saya di facebook atau twitter

**
Beberapa kali saya di telpon teman bahkan ada yang minta ketemuan untuk minta saran, ada yang mau resign kerja nanya cara resign biar di approve oleh si bos, ada yang mau interview nanya tips menjawab pertanyaan-pertanyaan HRD (Human Resource Development), nanya tips menuliskan gajih yag di minta pada form, tips nego jika HRD minta masuk cepat sedangkan dia baru bisa resign dari tempat kerja satu bulan. Selaim itu ada juga yang mau psikotest, nanya cara cepat menyelesaikan hitungan koran dan lain-lain. Pokoknya akhir-akhir ini saya lebih banyak diminta saran atau diskusi oleh teman-teman seputar  dunia kerja. Saya dikalangan teman-teman dikenal sebagai yang hobi resign kerja, padahal nggak juga sih, sebenarnya bukan hobi resign tapi saya mencoba mencari yang terbaik hehee  ngeless. Pertanyaan teman-teman seputar dunia kerja saya jawab sebatas kemampuan saya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan.Saya sekarang ini belum pernah melakukan sesuatu hal yang membawa manfaat untuk orang lain, cerita diatas adalah contoh saya membantu teman dengan menjawab pertanyaan seputar dunia kerja sesuai dengan  pengalaman yang telah saya alami. Jika dahulu saya pernah salah pada A, contohnya saat mengerjakan psikotest hitungan koran, saya kurang cepat, sekarang saya memberitahu supaya teman saya bisa lebih baik lagi dari saya.   

Jadi saat ini cara saya supaya bisa membawa manfaat untuk orang lain yaitu dengan berusaha membantu sesuai dengan batas kemampuan saya dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.  

8 komentar:

  1. Mba lia, mau dong ikutan kelas inspirasi mba?.. minta infonya ya, terus menebar kebaikan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lia juga waktu itu nggak jadi ikut, masalah waktu bentrok sama kerja cz pelaksanaannya di hari kerja. Insa Allah tahun depan mau daftar yang di Bogor. Pelaksanaannya setahun sekali teh tiap harinya. untuk infonya coba buka web nya: www.kelasinspirasi.com

      Hapus
  2. Dari yang sedikit, akan menginspirasi banyak orang ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba, mudah-mudahan bisa selalu menjadi pribadi yang lebih baik, amin...!!!

      Hapus
  3. Lia, keren banget ih.... terus berbagi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar teh, mudah-mudahan bisa terus lebih baik

      Hapus
  4. Kelas inspirasi itu apa? menarik banget, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas inspirasi itu berada di bawah indonesia mengajar. Mba, mungkin tahu Pak Anies Baswedan, nah beliau adalah founder Indonesia belajar. Kalau kelas inspirasi, kegiatannya terbagi 2 yaitu mengajar dikelas dan fotografer sekaligus mengabadikan dalam bentuk video. Nah kalau yang mengajar di kalas itu bisa ikut mengajar atau memberikan motivasi gtu pada anak-anak, misalnya, waktu itu kelas inspirasi di Bogor pesertanya ada om adie MS, nah dy berbagi kepada anak-anak tentang musik, yang bisa membuat motivasi kepada anak-anak.

      pelaksanaannya setiap tahun sekali setiap daerahnya.

      infonya, bisa dilihat di www.kelasinspirasi.com

      Hapus