Minggu, 23 November 2014

Tour Blogger ke Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta dalam Rangka Hari Anti Korupsi



Selasa, 18 November 2014 adalah hari istimewa untuk saya, mengapa...? karena saya dan teman-teman blogger berkesempatan untuk mengahadiri undangan kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta dalam rangka hari anti korupsi. Saya pergi dari Bogor dengan semangat dan rasa senang untuk berkumpul di meeting point yang telah disepakati lalu dijemput oleh bis khusus dan petugas dari kantor bea cukai. Rasanya seperti mimpi saya bisa naik bis itu, sebelumnya saya tidak pernah sekalipun membayangkan bisa naik bis itu. Baru naik bisnya saja sudah senangnya minta ampun. Setelah semua peserta kunjungan berkumpul semua, bis bea cukai membawa kami semua ke Kantor bea cukai Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, saat di tengah-tengah perjalanan petugas membagikan buku profile kantor bea cukai yang bisa dibaca oleh blogger dan kartu identitas yang harus dipakai selama blogger berada di area kantor bea cukai. 

Lokasi Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hataa berada di area cargo Bandara Soekarno Hatta. Sesampainya saya di lokasi telah terpampang banner dipagar kantor bea cukai bertuliskan “Kunjungan Blogger dalam Rangka Hari Anti Korupsi”. Memasuki lobby kantor bea cukai, ada banner yang bertuliskan BEa Cukai Anti Korupsi disingkat BECAK. Singkatannya lucu hehee, semoga saja yah bener-bener bersih, amin...!. Kedatangan kami disambut oleh Ambassador bea cukai, terlihat dari tulisan yang tertera pada bajunya. Sebelum kami memasuki ruangan acara, kami dipersilahkan untuk foto terlebih dahulu, aihh seneng sekali untuk saya yang narsis, pengen selalu tampil eksis merasa difasilitasi hehee... Foto tersebut ternyata dicetak untuk kenang-kenangan pesera dan dibagikan diakhir acara, aduhh saya foto sekali bersama teman-teman, menyesal tidak foto sendiri hehe... 
foto: dok Iaalginat

Sambutan
Bapak Okto, selaku kepala KPPBC TMP Soekarno Hatta, memaparkan yang harus diingat dari petugas bea cukai yang ada di Bandara yaitu yang seragamnya terdapat tulisan CUSTOMS. Petugas bea cukai tersebut bertugas untuk mencegah barang berbahaya masuk, seperti penyelundupan narkoba dan senjata api ilegal.

Bapak Iwan Agung, selaku perwakilan dari panitia acara hari anti korupsi, menjelaskan tentang kinerja bea cukai. Kantor bea cukai adalah kantor yang mengatur alur masuk barang dari luar negeri yang sudah disertai surat-surat perizinan bukan kantor yang memberikan perizinan barang masuk. Jadi bea cukai adalah instansi yang berada dipintu masuk untuk mengatur alur masuk dan keluar barang sesuai dengan perizinan yang telah dipenuhi. Apabila pernah mengalami kalau barang yang impor dari luar negeri yang sudah datang tetapi dicegal di bandara oleh petugas bea cukai itu berarti ada syarat-syarat perizinan barang masuk belum terpenuhi. Hal yang harus diperhatikan apabila import barang-barang berupa makanan dan minuman harus dilengkapi dengan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), impor tumbuhan dan hewan  harus dilengkapi dengan izin dari Kantor Karantina serta impor senjata harus dilengkapi izin dari Polri. Barang yang masuk ke bea cukai akan ditempatkan pada 4 jalur yaitu:
  1. Jalur Merah : untuk barang yang masih terhambat, karena dokumennya belum lengkap.
  2. Jalur Kuning: untuk barang yang dokumennya sedang diurus.
  3. Jalur Hijau: untuk barang yang dokumennya sudah terpenuhi.
  4. Jalur Prioritas: untuk barang yang dokumennya yang sudah terpenuhi dengan sangat baik.
Bapak Sofyan Helmi, selaku kepala seksi penyuluhan layanan dan informasi menjelaskan bahwa KPPBC TMP Soekarno Hatta merupakan kantor bea cukai terbesar se-Indonesia dan terbesar no 9 tersibuk didunia. Bea cukai melayani barang kartu (barang yang dikirim) dan barang yang dibawa oleh penumpang. Bea cukai berbeda dengan imigrasi, bea cuka melayani dan mengawasi barang yang masuk sedangkan imigrasi melayani dan mengawasi barang yang masuk. Barang yang masuk ke KPPBC TM Soekarno hatta melalui cargo bandara, melalui jasa titipan, melalui kantor pos dan melalui barang bawaan penumpang.
KPPBC TMP  Soekarno Hatta dituntut untuk melakukan pelayanan dengan cepat,tepat dan akurat, sehingga untuk menunjang tugasnya diperlukan sarana dan prasarana yang menunjang yaitu:
  • Mobil Patroli; untuk melakukan patroli unit penindakan dan penyidikan.
  • CCTV; untuk melakukan pengawasan barang dan penumpang yang berlalu lalang. Dalam ruang control room terdapat 48 CCTV dari 468.
  • Mesin X-Ray; untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang import dan eksport.
  • Nercotest Kit; untuk membantu petugas dalam menganalisa indikasi pemasukan narkotika dan obat.
  • CEISA (Customs Excise Information System and Automation); perangkat lunak untuk membantu tugas pengawasan dan pelayanan.
KPPBC TMP berupaya untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai dengan mengimplementasikan cara kerja yang cepat, efisien, transparan dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa. KPPBC TMP mengemban amanah untuk menjadi kantor yang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang didukung sarana dan prasarana yang memadai serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan berintegrasi tinggi. KPPBC TMP memiliki tools untuk melihat pelayanan dan kode etik yang telah dilaksanankan oleh karyawan yang bernama Unit Kepatuhan Internal (UKI) yang bertugas untuk:
  • Evaluasi kinerja karyawan
  • Test dan Output
  • Merespon segala keluhan
Apabila mengalami permasalahan saat mendapatkan pelayanan atau melihatnya yang disebabkan oleh “Penyalahgunaan Kewenangan Pejabat/Pegawai Bea dan Cukai dan Pelangagaran disiplin lainnya” bisa menghubungi:  
Telpon: 0800-100-3545 (Bebas Pulsa)
SMS: 0821-30-202045
Faksimili: 021-489-0966
Email: pengaduanbeacukai@customs.go.id

Karyawan KPPBC TMP Soekarno Hatta tidak disangka-sangka memiliki suara yang bagus terbukti saat membawakan beberapa lagu. Setiap jeda waktu sambutan mereka isi dengan menyanyikan lagu. Setelah saya membaca-baca buku profile yang tadi dibagikan di bis,KPPBC TMP Soekarno Hatta juga ternyata memiliki beberapa kegiatan eksternal diluar kerjaan rutin salah satunya yaitu kegiatan musical, ohh jadi wajar kalau suara mereka bagus-bagus karena memang didukung dengan fasilitas yang ada.

Tour Blogger ini acaranya sangat padat dan mengunjungi beberapa tempat yang ada di lingkungan KPPBC TMP Soekarno Hatta, saya menuliskannya dalam beberapa postingan bisa dilihat disini.

2 komentar: