Rabu, 12 November 2014

[Hari Ke -2] Pahlawan Klinik Asuransi Sampah



"Selamat Hari Kesehatan Nasional", rupanya setiap tanggal 12 November diperingati sebagai hari kesehatan nasional dan tahun 2014 merupakan hari kesehatan nasional yang ke 50. Latar belakang hari kesehatan nasional yaitu:
  • Tahun 1960 di Indonesia penyakit malaria berkembang dan menyebabkan ratusan ribu jiwa meninggal.  
  • Tahun 1963 dilakukan penyemprotan rumah-rumah penduduk sekitar Jawa, Bali dan Lampung dan berhasil menurunkan angka  penderita Malaria dari  15% menjadi 2%. 
  • Tanggal 12 November 1964 dilakukan penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis oleh Presiden Sukarno di Desa Kalasan, Yogyakarta. Peristiwa penyemprotan itu dilakukan dengan kegiatan pendidikan dan penyusuluhan kepada masyarakat. Peristiwa itulah yang diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang.
###
Baiklah kembali ke challenge 10 hari ngeblog hari pahlawan, pada hari ini ke dua ini “ceritakan pahlawan yang menginspirasi”. Menurut wikipedia, pahlawan berasal dari bahasa sanskerta yaitu phala-wan artinya orang yang dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa,negara dan agama, orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran dengan gagah berani. Saat saya menulis kata pahlawan pada mesin pencari google mucul pahlawan nasional, pahlawan pergerakan nasional, pahlawan kemerdakaan dan pahlawan revolusi. Semangat, cinta tanah air pada bangsa negara, rela berkorban jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan negara yang patut saya contoh sekarang ini. Namun Pahlawan saat ini setelah Indonesia merdeka selama 69 tahun yang diperlukan yaitu pahlwan untuk mengisi kemerdekaan, pahlawan yang berkontribusi untuk negara serta memberikan manfaat kepada rakyat Indonesia.  

Berhubung hari ini adalah hari kesehatan nasional maka saya akan mengangkat sosok dr. Gamal Albinsaid. Saya pertama kali tahu dr. Gamal Albinsaid saat acara Indonesia MDGs Awards 2013 Youth Forum. MDGs (Millennium Development Goals) adalah jawaban terhadap kondisi pembangunan manusia yang berkembang diseputar pergantian milenium. Keprihatinan terhadap angka kemiskinan, kematian anak dan ibu, akses pendidikan dan fasilitas kesehatan. Salah satu pembicara dalam Indonesia MDGs Awards 2013 Youth Forum  yaitu dr. Gamal Albinsaid. Berikut sekilas tentang profil dr. Gamal Albinsai yaitu: 
Usia                 : 24 tahun
Profesi             : Dokter
Asal                 : Malang, Jawa Timur
Akun Twitter  : @Gamal_Albinsaid
Situs                : banggamal.com
 
dr.Gamal Albinsaid

Dokter Gamal Albinsaid adalah salah satu dokter muda di Indonesia, CEO Indonesia Medika, prestasinya dalam pengembangan bisnis berbasis pemberdayaan masyarakat kecil dengan proyek “Klinik Asuransi Sampah” yang menyediakan layanan kesehatan murah dengan cara membeli dan menampung sampah rumah tangga mereka. Sampah yang dikumpulkan berupa sampah non organik seperti botol platik, kertas dan kardus serta bisa berupa sampah organik seperti daun-daunan. Akumulasi dari sampah yang telah dikumpulkan masyarakat dihitung dan kompensasinya diberikan kartu berobat. Pelayanan kesehatan yang bisa didapat berupa pemeriksaan dokter, cek gula darah dan obat-obatan yang diperlukan.  

Selain untuk mengatasi persoalan kemanusian terutama pelayanan kesehatan dr. Gamal Albisaid menemukan solusi untuk mengatasi sampah perkotaan dengan mengumpulkan sampah keluarga dengan konpensasi biaya kesehatan. Ia juga telah mendidik masyarakat untuk menjadikan sampah tetap bermanfaat bagi kesehatan, sekaligus menginsfirasi kaum muda Indonesia untuk bersama-sama mencarikan jalan keluar bagi warga miskin untuk mendapatkan kesehatan yang murah tetapi dengan berbuat sesuatu hal yang berguna yakni mengumpulkan sampah.

Penghargaan yang telah didapat
The Prince Of Wales Young Sustainability Entrepreneur dari Pangeran Charles atas usaha nya menginisiasi Klinik Asuransi Sampah di Kota Malang sejak 2010 yang beranggotakan 500 orang dari kalangan menengah ke bawah

Inspirasi untuk saya
  • Usia 24 tahun dr.gamal Albinsaid telah berkontribusi untuk orang banyak dengan ide briliant “klinik asuransi sampah” sehingga orang yang tidak mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Semangat dan ide kreatif yang dimiliki oleh dr Gamal Albinsaid patut untuk di contoh oleh generasi muda.
  • Saya sadar bahwa sampah sekarang menjadi sesuatu yang berarti walaupun klinik asuransi sampah belum ada di Bogor (tempat tinggal saya) namun sekarang di rumah mulai membiasakan untuk memisahkan antara sampah organik dan non organik. Sampah organik dibuang ke tempat pembuangan sampah sedangkan sampah non organik diberikan kepada pemulung yang lewat disekitar rumah.

7 komentar:

  1. Oh aku sering denger ini klinik asuransi sampah, idenya brilian banget dan ternyata dokternya masih muda qiqiqi hebay euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain masih muda dokternya ganteng dan masing single LOL,

      Hapus
  2. hmm, idenya brillliant, sgt cocok utk diterapkan di Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, sampah yang awalnya adalah barang tidak berharga yang dibuang begitu saja tetapi menjadi bermanfaat. Ide kreatif seperti ini yang perlu dicontoh. Awalnya baru di malang mungkin lebih bermanfaat lagi jika diterapkan diseluruh kota di Indonesia.

      Hapus
  3. Oh, iya aku pernah nonton wawancara dia ditv, yg dpt award dr kerajaan inggris atas idenya.
    Saluut

    BalasHapus
  4. Wah, hebat! Masih muda dengan ilmu brilian. Inspiring :)

    BalasHapus
  5. Semoga berkembang pesat, amiiin.

    BalasHapus