Jumat, 27 Januari 2012

Eksis dengan Internet


Eksis paling banyak diminati, sering di dengar dan diucapkan. Apa sich arti eksis secara asal kata, bila melihat ke dalam kamus Besar Bahasa Indonesia di dalam mbah google, istilah eksis tuch kaga ada. Eksis memang bukan kata baku dalam kamus besar Bahasa Indonesia. Lantas Apa dong eksis itu?...Menurut gw Eksis adalah istilah beken yang sering anak-anak muda pakai untuk menyatakan dirinya terkenal

Eksis dalam internet, pastinya sudah menjadi makanan pokok seperti nasi  untuk gw sebagai anak muda hehe….So ngerasa masih muda. Eksis dalam internet tidak harus anak muda za kali, semua orang juga bisa. Bisa-bisanya gw za, eksis tidak jauh beda dengan narsis hehe... *alibi supaya bisa unjuk foto. 

Contoh eksis

Cerita sejarah dulu ah,,,
*Cekidotttttt !!!!!
Gw mulai pertama kali kenal dengan internet saat SMA kelas X tepatnya tahun 2004. Rumah dan sekolah gw yang masih kampung, sehingga internet belum masuk dan warnet-warnet pun belum ada. Saat tugas sekolah yang numpuk dan literatur buku tidak punya, akhirnya gw diajak teman gw andi untuk pergi ke kota mengunjungi yang namanya warnet. Saat itu gw cuman melihat saja dan yang searching di warnet untuk mencari bahasn tugas dikerjakan oleh andi. Saat itulah andi mengajarkan gw cara pengoperasian internet secara langsung. Awal-awal gw masih tabu dengan yang namanya google, yahoo, situs jejaring sosial dan lain-lainnya.

Situs jejaring sosial friendster saat itu gw cuman sebatas tahu saja. Awal masuk kuliah tepatnya 2007 gw baru punya akun friendster. Namun tak lama setelah itu muncul situs jejaring sosial baru yaitu facebook dan twitterKeeksisan gw dalam internet hanya di dukung dengan warnet yang kebetulan tidak jauh dari kosan gw. Awal punya akun facebook dan twitter gw sering bolak balik ke warnet hanya sekedar untuk update status facebook dan tweet twitter juga untuk memasang foto terbaru yang akan di uplood

Kuliah tidak terlepas dari namanya tugas kuliah dan laporan praktikum. Oleh karena itu gw dipaksa untuk setia hadir ke warnet dengan tujuan mencari jurnal. Namun di sela-sela itu gw manfaatkan juga untuk buka facebook dan twitter, sesuai peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Teknologi terus berkembang sekarang internet bisa diakses dengan lebih mudah dan praktis, salah satunya dengan adanya aplikasi browse pada handphone. Namun saat itu gw belum punya handphone yang canggih. Gw masih menggunakan handphone poliponik yang hanya bisa kirim sms dan telpon saja. Kuliah selesai dan gw pun bekerja saat dapat gajih ke 2 kalinya, gw memutuskan untuk membeli handphone yang bisa buka aplikasi internet. Hadirnya provider GSM axis, dengan axis eksis “jurus jitu eksis di jejaring sosial”

Keeksisan gw dalam internet khususnya untuk update status dan tweet twitter bisa setiap hari bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dimulai dari bangun tidur sampai gw tidur lagi. Gw jadi inget penggalan lirik lagu v*era yang berjudul “hidup dan matiku”, yang seakan-akan mewakili kehidupan gw sehari-hari.
Aku tak bisa hidup tanpa handphone
Dan dirimu, dan dirimu
Aku tak bisa hidup tanpa twitter

Situs jejaring sosial asalkan tepat menggunakannya banyak memberikan pengaruh positifnya. Pengaruh positif yang gw rasakan salah satunya menjadi lebih mudah terjalinya silahturahmi dengan teman-teman lama seperti teman SD, SMP dan SMA juga di luar teman sekolah. Tegur sapa dengan mereka menjadi lebih mudah gw lakukan. Selain itu bisa menambah banyak teman di dunia maya. Hidup dengan banyak teman akan menambah cerita tentang indahnya hidup.  

Manfaat lain dari situs jejaring sosial yaitu naluri gw sebagai cewek untuk belanja dipermudah dengan adanya jualan online yang dengan menawarkan macam-macam barang seperti aksesoris, baju dan tas. Sehingga untuk membelinya tidak perlu bersusah payah untuk datang akan tetapi cukup dengan pesan secara online pula.

Saat setelah gw menerima Surat Keterangan Lulus kuliah (SKL), gw membabi buta untuk mencari kerja. Internet memfasilitasi gw untuk eksis mencari kerja. Sekaligus membuat gw untuk eksis mengunjungi warnet karena gw belum mempunyai modem.  Setiap hari gw buka situs lowongan kerja jobstreet dan jobsdb Indonesia. Ada lowongan yang sesuai dengan kualifikasi gw tanpa pikir panjang lagi gw apply. Selain itu gw pun mengirimkan surat lamaran kerja via email yang ditujukan langsung ke HRD perusahaan tersebut.

Sekarang menginjak tahun ke 2 gw kerja, jetlag antara suasana kuliah dan suasana kerja masih rasakan. Suasana kuliah yang asyik dengan banyak teman, penuh canda tawa kadang tidak ditemukan pada  suasana kerja. Aktivitas kerja yang cenderung sama setiap harinya membuat gw sering dilanda bosan dan jenuh. Apalagi dengan ritme hidup yang monoton antara senin sampai jumat yaitu pagi ke kantor dan sore pulang ke kosan membuat gw bosan.

Berasal Saran dari teman, salah satu cara untuk membunuh rasa jenuh  dan bosan kerja dengan melakukan aktivitas lain yang gw suka. Karena gw memiliki hobi cerita, maka kata teman gw hobi tersebut coba gw salurkan dan dituangkan dalam bentuk tulisan.  Oleh karena itu gw memutuskan untuk ngeblog. Sebenarnya gw mempunya akun blog sejak tahun 2008. Namun blog tersebut masih kosong melompong belum ada posting apa-apa, tahun 2011 blog tersebut mulai disentuh kembali dengan beberapa posting. Adanya event Eksis dengan internet dari dunia axis adalah salah satu cara gw untuk eksis dalam internet gw jadikan sebagai salah satu sarana untuk mengasah menulis cerita dan juga untuk eksis dalam blog.


Marilah kita isi waktu luang dengan hal yang bermanfaat salah satunya dengan eksis dalam internet. Internet berperan penting dalam menyongsong kehidupan sehari-hari dalam memberikan informasi dan pengetahuan. Kacamata anak muda seperti gw ini berpikiran kalau tidak
 eksis dengan internet berarti kuper alias kurang pergaulan hehe...


Salam untuk kemajuan internet
Salam eksis
Salam anak gaul


Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog posting di http://duniaaxis.co.id

8 komentar:

  1. jadi pengen ikutan .. hemu hemu. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ndi ikutan. masih banyak lagi lomba blog ko.

      Hapus
  2. follow back blog ku yah..:D
    irfanriady.blogspot.com
    makasih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks yah telah berkunjung ke blog ini

      udah gw follow ko

      Hapus
  3. SEMOGA MENANG YA JAH......HEHEH
    KLO DAH MENAG HARUS PAKE AXIS LOH.....:))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin...
      pastinya ntr pake axis hehe

      Hapus
  4. semoga menang yah.. keren blognya..

    salam kenal yah :)
    *kunjung balik dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih.
      salam kenal balik
      ok ntr gw berkunjung ke blog nya.
      follow dong

      Hapus