Kamis, 20 Desember 2012

Asupan Nutrisi Yang Tepat Untuk Otak si Kecil

 Nutrisi yang diperlukan anak tidak hanya saat anak tersebut telah lahir melainkan di mulai saat masih janin  saat masih di kandung ibu, hal itu dikarenakan perkembangan syaraf otak berlangsung Selama 1365 hari yaitu dimulai saat sel telur (konsepsi) ditambah 2,5 tahun masa ini dikenal dengan gold period. Saat masa gold period  ini asupan nutrisi harus cukup karena sedang dalam masa perkembangan otak untuk optimalkan fungsi otak.

Oleh karena itu apabila menginginkan anak kita cerdas maka salah satu upaya yang bisa dilakukan ibu yaitu dengan mempersiapkan masa pra kehamilan dengan memenuhi asupan nutrisi yang mengandung asam folat. Saat masa kehamilan Ibu harus memelihara kesehatan diri secara umum agar kehamilan menjadi lancar, buah hati tumbuh prima dalam kandungan, karena ibu merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi janin di dalam kandungan, oleh karena itu menjaga asupan nutrisi selama kehamilan bagi ibu hamil teramat penting dan harus dilakukan sejak dini.

Ibu hamil dianjurkan makanan yang bergizi dan sehat, mengkonsumsi asam folat, kalsium dan vitamin yang cukup yang berasal dari makanan. Apabila makanan yang dimakan dikhawatirkan tidak mencukupi asupan nutrisi untuk ibu, maka sekarang sudah ada inovasi yang dikeluar yaitu ada susu khusus untuk ibu hamil. Mead Johnson membantu masalah ibu hamil dengan mengeluarkan produknya yaitu EnfaMama A+ yang diformulasi untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu selama periode penting ini. Kandungan utama dari EnfaMama A+ ini yaitu kolin, zat besi dan mineral sedangkan kandungan tambahannya yaitu ARA dan DHA

Asam α-linolenat/linoleat (omega 3/omega 6) merupakan asam lemak esensial. Serat pangan inulin berfungsi untuk membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan. Asam folat berfungsi untuk membantu optimalkan fungsi otak , asupan asam folat yang cukup dapat mengurangi resiko kelainan congenital pada janin, misalnya gangguan perkembangan neural tube berupa kelainan otak  atau spinal cord. Kolin berfungsi untuk bahan pembentuk fosfatidilkolin bagian penting dari membrane sel. Kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi bila disertai dengan olahraga dan konsumsi makanan yang seimbang. Zat besi berperan untuk membantu mencegah dan mengatasi anemia kekurangan zat besi dan vitamin B6 berfungsi untuk membantu menghilangkan rasa mual pada kehamilan.

DHA (docosahexaenoic acid) merupakan asam lemak tak jenuh rantai panjang golongan omega-3, yang banyak dijumpai di otak dan retina mata, sehingga sangat penting untuk fungsi penglihatan. DHA dibuat dari senyawa induknya yaitu asam linolenat atau ada yang menyebutnya sebagai ALA (alpha linolenic acid). Sebelum menjadi DHA, ALA akan diubah dulu menjadi eicosapentaenoic acid (EPA).

AA (asam arachidonat) atau ada juga disingkat dengan ARA. Asam arachidonat adalah salah satu jenis asam lemak omega-6, yang banyak dijumpai pada membran sel, dan merupakan senyawa yang penting dalam komunikasi antar sel dan menjadi senyawa prekursor (penyusun) bagi senyawa-senyawa penting lainnya dalam tubuh. Senyawa induknya adalah asam linoleat (LA = linoleic acid). Asam linoleat ini merupakan asam lemak tidak jenuh yang tidak bisa disintesis oleh tubuh kita, disebut asam lemak esensial, dan karenanya perlu diberikan dari luar melalui makanan. Susu formula biasanya ditambahkan asam linoleat yang sering disebut juga omega 6. 

Saat bayi sudah lahir maka nutrisi yang sangat penting diberikan yaitu air susu ibu (ASI) segera setelah lahir hingga 1-2 tahun atau paling tidak ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, karena setelah 6 bulan ke sana bayi sudah diberi makanan tambahan. ASI sangat penting untuk bayi untuk perkembangan otak dan jaringan sarafnya, sehingga lebih bagus ASI daripada susu formula. Berdasarkan literatur yang saya baca ASI mengandung DHA dan ARA sebesar 1% dari total lemak untuk DHA dan sekitar 0,5% dari total asam lemak untuk ARA). DHA dan ARA berperan penting dalam intelektual dan daya penglihatan.


Mead Johnson membantu ibu untuk memenuhi asupan nutrisi untuk bayi yaitu dengan adanya Enfagrow A+. Enfagrow A+ ini berfungsi sebagai susu pertumbuhan untuk bayi yang berumur 1-3 tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mead Johnson menemukan kalau aktivitas bayi dan nutrisi yang akan memberikan stimulasi lebih kepada pertumbuhan bayi. Bayi dapat merasakan perhatian, ingatan dan pemecahan masalah. Susu ini mengandung DHA, FOS & Inulia, Zink< zat besi, vitamin A,C dan E untuk tumbuh kembang bayi secara maksimal. Enfagrow A+ memberikan asupan terbaik sehingga bayi tidak hanya tumbuh secara fisik namun juga tumbuh dengan perkembangan otak yang lebih baik.

Tulisan ini diikutsertakan dalam “Mead Johnson Blog Competition”

3 komentar:

  1. seorang anak membutuhkan asupan nutrisi yang terjamin dan susu Enfagrow memenuhi kebutuhannya :D
    nice post :)
    monggo silaturahmi ke blog saya http://peneriakmimpi.blogspot.com/2013/01/bank-mandiri-jawaban-atas-kebutuhan-anda.html
    ditunggu komen-komennya :)

    BalasHapus