Senin, 27 Oktober 2014

Selamat Hari Blogger Nasional


27 Oktober 2014 “Selamat Hari Blogger Nasional”, itulah kata-kata yang banyak muncul pada timeline facebook dan twitter hari ini. Hari Blogger Nasional...? saya baru tahu kalau ada hari blogger nasional, plakkk...!!!. Rasa penasaran muncul lalu saya langsung menuju mbah google
Sumber: Google
 Apa itu Blog...?
Blog menurut wikipedia adalah dari web log merupakan aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum yang dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Komunitas Blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para Blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas Blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Sejarah Hari Blogger Nasional
Hari Blogger Nasional pertama kali dicetuskan oleh Bapak Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Jadi pada Tanggal 27 Oktober ini merupakan Hari Blogger Nasional yang ke empat.

Sebenarnya saya mempunyai akun blog pada platform blogspot sejak tahun 2008 tujuannya saat itu hanya untuk media menulis saja ibaratnya hanya pengganti buku diary. Namun blog ini kasihan, lama terbengkalai sama sang empunya, jarang banget empunya posting sehingga tidak up to date. Kembali ke tujuan awal yaitu sebagai media menulis pengganti buku diary maka tulisan saya awalnya hanya curhatan dan galau menggalau. Seiring berjalannya waktu semenjak ikut ke dalam sebuah komunitas blogger lalu suka ikut kopi darat (kopdar). Sehingga hal selalu ditanyakan adalah nama akun blog nya apa...? namanya juga kopdar dengan komunitas blogger, sudah pasti saling bertukar akun blog masing-masing. Lalu setelah kopdar berlangsung barulah berkunjung ke akun blog teman blogger. Setelah melihat dan membaca isi blog teman-teman blogger, ternyata isinya bagus-bagus dan bersifat informatif, dari situlah saya baru tahu kalau menulis di blog itu jangan hanya curhatan galau namun harus lebih berbobot.
Jika melihat usia blog saya saat ini pada Tahun 2014 memasuki usia ke 6 tahun, terbilang usia yang lumayan tualah . Namun karena saya dulu tidak benar-benar merawat blog ini sehingga terbengkalai dan saya pun tidak berkembang dalam dunia menulis karena jarang update. Saat ini pada Hari Blogger Nasional 2014 saya ingin lebih meningkatkan kemampuan dalam mengolah kata-kata yang ditulis sehingga renyah dibaca. Selain itu konten tulisan pun ingin lebih berbobot dan bersifat informatif, sehingga tidak malu kalau mengakui sebagai blogger dan bangga menjadi seorang blogger. Menulis adalah sesuatu hal yang dilakukan dengan proses tidak bisa instan, yah semoga harapan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan konten tulisan yang berbobot sehingga bermanfaat untuk orang lain tercapai amin...!!!. Saya akan terus belajar dan dalam proses belajar ini jikaa ada tulisan saya kurang ciamik, senantiasa saya menerima segala kritikannya untuk perbaikan selanjutnya.
Saya tadi membaca tulisan “Ngakunya blogger tapi tidak pernah nulis” pada timeline facebook. Awalnya jleb... banget, namun saya berpikir memang tulisan itu ada benarnya juga. Kembali kepada definisi Blogger, Blogger adalah orang yang menulis atau posting pada blog jadi kalau tidak pernah posting, blognya tidak pernah update malunya juga kalau ngaku sebagai blogger. Memang sih teman tidak akan ada yang mengolok-ngolok tapi lebih malu pada diri sendiri. Ini lebih kepada tanggung jawab pada diri sendiri kalau sudah buat akun blog, sudah terlibat pada acara kopdar dan acara blogger lainnya seharusnya memang malu kalau ngaku blogger tapi tidak pernah update blognya. Semoga saya bisa lebih memaksimalkan lagi dalam dunia menulis, lebih rajin posting di blog ini dan akan lebih bahagia lagi kalau tulisan yang saya posting dalam blog bisa membawa manfaat bagi orang lain, amin...!!!
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar