Rabu, 19 Desember 2012

Review Film 5 cm



Untuk mengobati rasa penasaran saya tentang film 5cm, saya memutuskan di hari ke 3 setelah premiere di tanggal cantik 12-12-12. Saya mencoba untuk uji keberuntungan mencari tiketnya, eh ternyata saya tidak perlu susah payah mengantri untuk mendapatkannya, karena saat saya beli tiket ternyata masih banyak bangku kosong sehingga saya langsung mengambil posisi PW (paling wuenakk).


Selama saya menonton film itu, saya mengikuti alur ceritanya, film ini diangkat dari buku yang berjudul 5cm karya Donny Dirgantoro namun saya belum pernah membaca bukunya. Film ini berisi tentang kisah 5 orang yang bersahabat sejak SMP (Genta, Zapran, Arial, Riani dan Ian) dan persahabatan itu berlanjut sampai mereka semua menikah dan memiliki anak. Saat itu mereka ber 5 lagi nongkrong di rumah Arial.  “Gue punya mimpi kalau punya anak nanti kita harus masih nongkrong di sini dan biar persahabatan ini tidak bosan bagaimana kalau kita tidak bertemu dahulu untuk waktu waktu yang cukup lama…???” ucap Genta. “Keluar dulu dari nyaman kita, mencari mimpi dan mengejar mimpi-mimpi yang lainnya” lanjut Zafran. Mereka akhirnya bersepakat untuk tidak bertemu selama 3 bulan lamanya tanpa ada komunikasi sekalipun dan akan bertemu di tanggal 14 Agustus, untuk tempat pertemuan itu akan diumumkan oleh genta via SMS seminggu sebelum Hari H.

Selama tiga bulan mereka berpisah mereka mengejar mimpi-mimpi yang lainnya. Arial yang awalniya takut dan selalu gemetar kalau lagi ngomong cewek, akhirnya punya pacar juga. Zapran yang konyol dan selengehan dengan puisi-puisinya masih terus mengejar cinta Arianda. Ian satu-satunya diantara mereka ber5 yang belum lulus terus berusaha menyelesaikan skripsi sampai akhirnya bisa sidang. Riani yang sudah bekerja namun hatinya terus bergejolak memendam perasaan cinta yang tak tersampaikan sedangkan Genta yang sibuk dengan urusan bisnis dan meeting.

Genta yang mengatur tempat pertemuan mereka, awalnya dari stasiun senen mereka akan melanjutkan perjalanan ke Bromo lalu akan mendaki puncaknya Mahameru. Perjalanan mahameru untuk mencapai puncak gunung Bromo tidaklah berjalan mulus, perjalanan mereka diwarnai dengan kendala, kakinya zapran yang tiba-tiba berdarah, kekurangan air saat perjalanan masih sangat jauh, namun masalah kekerangan air segera terpecahkan setelah mereka sampai di ranukumbolo. Arial yang mengalami kedinginan yang hebat dan hampir melepaskan nyawa saat sedang mendaki, arinda dan ian yang terbentur batu dari atas gunung, telinga arinda berdarah sedangkan ian sempat pingsan. Perjuangan pendakian Mahameru terbayar sudah saat mereka menginjakan kaki di atas Mahameru dan menancapkan bendera merah putih, karena ternyata saat itu tepat tanggal 17 Agustus. 

Persahabatan mereka ternyata diwarnai dengan drama percintaan saat perrjalanan Mahamereru terungkap bahwa Riani memendam perasaan sama Zafran. Setahun setelah perjalanan Mahameru Arial mendahului teman-temannya mengajak pacarnya menikah, disusul oleh pasangan Riani dan Zafran, ian dan pasangannya sampai mereka memiliki anak hanya Genta yang belum menikah.

Makna
5cm itu “Gantungkan Cita-cita di depan muka, biarkan menggantung 5cm di depan mata biar terus terlihat dan  raih cita-cita itu setinggi mungkin”

Quote Notes

Cinta itu harus diungkapkan, jika cinta itu tidak diungkapkan berarti dia terlalu mencintai dirinya sendiri (Ian).

Ikrar Janji saat akan mendaki Mahameru:
·         Kaki yang akan berjalan lebih lama dari biasanya (Genta)
·         Tangan yang akan terus bekerja dari biasanya (Genta)
·         Leher yang akan terus menatapke atas (Arial)
·         Lapisan tekad yang akan seribu lebih keras dari baja (Riani)
·         Mata yang akan terus menatap keindahan (ian)
·         Cinta yang akan terus bekerja lebih keras (Zafran)
·         Mulut yang akan terus berdoa (Arinda)

Sayang juga kalau udah punya tempat tapi dibiarkan kosong, atau tempat kosong itu bila tidak tersampaikan malah akan diisi oleh orang lain yang jelas akan membuat kita menyesal.

Pesan 
  • Kalau sudah merasa cocok dan saling memahapi sifat dari teman-teman kita, pastinya berjauhan sebentar saja dengan teman pasti rasanya lama bungettt. Bener jika sahabat itu ada tidak hanya lagi senang tapi saat lagi sedih pun mereka akan hadir. Sehingga beruntunglah yang punya sahabat. Sama seperti saya yang merasa beruntung memiliki sahabat-sahabat yang baik dan selalu membuat saya lebih baik lagi.

  • Membuat lebih bangga sebagai warga negara Indonesia, seperti tercermin pada tokoh ian yang awalnya ngotot ingin mengambil master di Mancester, ternyata niat tersebut diurungkan setelah melakukan perjalan ke Mahameru karena indonesia itu indah, masih banyak tempat-tempat indah yang ada Indonesia, “Masa gue Pakai tanahnya, minum airnya masa tidak ada terima kasihnya”.

  • Membuat lebih sadar kita sebagai generasi muda harus lebih mencintai indonesia, “yang berani nyela indonesia, ribut sama gue”, kata ian.

  • Memperlihat kebesaran dan keagungan Allah, pemandangan alam bromo dan mahameru yang begitu indah dan cantik “Berdiri di atas bumi, dekat dengan langit dan dekat dengan sang pencipta”

Inspirasi
Setelah menonton film 5 cm itu saya ingin punya rumah seperti rumah arial ada ruang tengah yang dikelilingi oleh pohon-pohon dan kalau genta membuat kantor yang dilengkapi dengan nuansa café, karena dia keseringan meeting di café, maka saya ingin memiliki kantor dengan nuansa mall. Saya senang kalau sudah berada di mall, walaupun tidak belanja hanya sekedar jalan-jalan doang namun cukup membuat hati lega, apalagi kalau sampai belanja tambah membuat hati lega hehee. 

Pendapat Saya
Menurut saya isi cerita dari film itu datar-datar saja namun yang buat menarik dari film apabila dilihat dari kacamata saya sebagai perempuan yaitu actor-actor yang ganteng dan mata dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan bagus dari mahameru. Jika pada film itu tidak ada setting di mahameru sepertinya film ini tidak akan istmewa heheee sok tau yah gue, (peace ahh om donny).

Saya kurang bisa menangkap pesan yang ada pada film itu, menurut pendapat saya pesan tentang persahabatannya kurang dapat kemudian berlanjut dengan percintaan dan pesan yang hendak ingin disampaikannya kurang tergambar selanjunya dengan pesan nasionalisme. 

4 komentar:

  1. mungkin pesan dari film 5 cm ini yaitu agar kita berlibur ke ranukumbolo...hahahhaa untuk menikmati keindahan alamnya...
    Sebenarnya aku tuh sukanya liburan ke pantai dan ga suka naik gunung, tapi gara2 liat ranukumbolo jadi kepengen juga naik gunung...

    BalasHapus
  2. Udah baca bukunya, tapi belum nonton :)
    Makasih riviewnya mbak...
    Keren deh ^_^

    BalasHapus
  3. aku baru baca novelnya mba... udah aku review juga di sini http://rahmiaziza.blogdetik.com/2011/12/07/karya-biasa-yang-luar-biasa-review-novel-5cm/

    tapi karena kurang suka dengan ceritanya, jadi males nonton pelemnya, nunggu tayang di tipi aja deh.

    Salam kenal mba...

    BalasHapus
  4. saya belum nonton film. rencana pengen ngajak calon pacar dulu. hahaha

    thanks Review Film 5 cm, ini memberi saya gambaran tntng film ini

    BalasHapus