Jumat, 11 Mei 2012

Tugas & Laporan Praktikum Kuliah Beres dengan XL


Teringat saat dulu mengisi lembar kerja siswa (LKS) sekolah dasar ada pertanyaan pilihan ganda yang menyebutkan bahwa seorang pelajar mengisi kemerdekaan dengan…. Jawaban tersebut hanya ada satu dari empat option yang ada. Aku selalu menyilang yang jawabannya belajar.

Saat itu aku belumlah terlalu mengerti akan maksud dari pertanyaan di dalam lembar kerja siswa tersebut, aku hanya menjawab karena pada wacana sebelumnya disebutkan seperti itu. Namun saat aku kuliah aku barulah mengerti maksud dari pertanyaan tadi. Kita sebagai generasi muda harus mempersiapkan diri demi menyambut dan menyongsong kehidupan ke depannya salah satu cara untur mempersiapkan kehidupan di masa depan yaitu dengan belajar.

Aku kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) di bogor, mengambil program diploma analisis kimia. Ada aturan yang harus dipenuhi pada program diploma ini mahasiswa diwajibkan memakai pakaian seragam jurusan masing-masing setiap hari kamis. Awalnya aku mengira kalau kuliah akan terlepas dari yang namanya baju seragam, eh ternyata tidak demikian. Namun beruntungnya hanya sehari dalam seminggu memakai baju seragamnya.

Kuliah program diploma analisis kimia tidak akan terlepas dari yang namaya tugas dan laporan praktikum. Awalnya aku hanya mendengar kata orang kalau program diploma analisis kimia belajarnya padat dari pagi sampai sore. Saat ada pernyataan seperti itu dari orang-orang lantas tidak mematahkan semangatku untuk kuliah pada jurusan tersebut. Awalnya aku masih diselimuti semangat yang membara pada dada ini, pernyataan orang-orang seperti aku hiraukan begitu saja seperti angn yang berlalu begitu saja. Semangatku tetap membara pada sanubari ini dan seperti ada tantangan baru di depan yang akan aku hadapi.

Program diploma kapasitas praktikumnya 60% dan teorinya 40 %, hal ini dikarenakan lulusan diploma diperuntukan untuk langsung terjun ke lapangan. Kuliah semester 1 dan 2 belumlah terlalu padat jadwalnya tugas dan laporan masih bisa aku atasi. Namun puncaknya saat semester 3 dan semester 4 tugas dan laporan praktikum dalam sehari-harinya tidak pernah absen. Jika dalam sehari aku masuk kuliah 6 hari maka laporan praktikum pun sama. Saat kuliah ini aku menjadi pengunjung setia warnet untuk browsing bahan-bahan laporan praktikum, pertama aku kuliah belumlah mengenal adanya modem. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi muncul adanya modem dengan beberapa kartu provider baik CDMA maupun GSM. Walaupun modem telah hadir namun aku tidak sanggup untuk membeli. Sebenarnya aku membawa komputer dari rumah ke kosan namun untuk browsing bahan laporan praktikum dan tugas kuliah aku tetap menjadi pelanggan setia warnet. Selanjutnya membaca dengan seksama data hasil browsing di warnet di komputer tua yang aku bawa ke kosan.

Aku mengerjakan laporan praktikum biasanya di atas pukul 00.00 WIB, karena setelah aku mempunyai data dari hasil browsing di internet, biasanya aku bergegas untuk istirahat dahulu dan lekas tidur, kemudian bangun tengah malam untuk mengerjakan laporan dan tugas tersebut. Selain internet yang membantu aku selama menyelesaikan tugas dan laporan praktikum kuliah yaitu provider yang aku pakai. Aku memakai provider XL sejak aku masih duduk di bangku SMA. Saat ada hal yang aku tidak dimengerti dan ingin diskusi dengan teman, biasanya aku melaksanakan diskusi di telpon sambil mengerjakan laporan. Waktu aku kuliah sekitar tahun 2008 telponan masih di rasa mahal bagi aku seorang mahasiswa yang mempunyai saku pas-pasan. Namun dengan menelpon tengah malam XL menyediakan promo nelpon murah. Promo nelpon XL berlangsung dari jam 00.00 – 06.00 WIB.  


Aku merasa sangat dibantu oleh provider XL itu karena membuat aku lancar dalam menyelesaikan tugas dan laporan praktikum dan tidak membuat kantong jebol. Sehingga diskusi dengan teman dapat berlangsung tanpa ada gangguan. Aku pun berharap seperti kata temanya event ini yaitu XL memajukan negeri, aku sebagai generasi muda berharap semoga dengan ilmu yang aku dapatkan di bangku kuliah bisa bermanfaat khususnya untuk aku sendiri dan umumnya untuk orang lain. Selain itu aku juga berharap suatu saat nanti, aku bisa berguna untuk negeri ini dan bisa memajukan Indonesia tercinta ini amin… Walaupun sekarang aku sudah lulus kuliah, namun aku tetap setia menggunakan provider XL karena aku merasa XL sangat mengerti aku dan aku pun merasa harus berterima kasih kepada XL atas bantuannya sebagai penghubung komunikasi aku dengan teman-teman dalam diskusi untuk  menyelesaikan tugas-tugas kuliah.  

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog “XL Memajukan Negeri”  


1 komentar:

  1. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus