Selasa, 25 November 2014

Kampung Wisata Rumah Joglo



Awalnya saya tidak menyangka kalau di Bogor ada yang namanya kampung wisata rumah joglo. Setelah saya mengunjung rumah joglo tersebut, kesan pertama saat sampai dilokasi yaitu “Bogor rasa Solo”. Ini adalah pertam kali saya menginjakan kaki pada yang namanya rumah joglo, karena saya domisili di Bogor dan rumah joglo merupakan rumah adat provinsi Jawa Tengah. Sampai saat ini saya belum pernah ke daerah Jawa Tengah, akan tetapi sekarang saya bersyukur karena di Bogor ternyata ada Kampung Wisata Rumah Joglo.

Kampung Wisata Rumah Joglo Tampak Depan

Kampung wisata rumah Joglo ini milik Ibu Yuyun yang didirikan di atas seluas 2 -3 hektar tahun 2012. Ibu Yuyun memafarkan bahwa Kampung Wisata Rumah Joglo berawal dari hobi mengoleksi barang antik dan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia. Awalnya rumah Joglo tersebut untuk tempat menghabiskan masa tua orang tua Ibu Yuyun dan juga untuk memperkenal budaya jawa pada cucu-cucunya yang tinggal di Luar Negeri. Rumah Joglo dan barang-barang antik dikumpulkan dengan mencicilnya, jika ada orang yang menjual baru Ibu Yuyun beli, seperti rumah Joglo tersebut langsung dibeli dari Jawa. 
Ibu Yuyun (Pemilik Kampung Wisata Rumah Joglo)
Lokasi
Jl Situ Hiyung No 18 Kp Tegal Waru, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Keterangan Lokasi
Jika berasal dari Jakarta keluar pintu Tol Jagorawi atau pintu Tol Sentul Selatan lalu melewati jalan Taman Yasmin, IPB Dramaga, kira-kira 20 menit dari IPB Dramaga untuk sampai ke lokasi.

Jam Operational
Buka setiap hari (Senin – Minggu dan hari libur) dari jam 08.000 - 22.00 WIB

Tiket Masuk
Tiket Masuk
Harga
Mobil
Rp. 5.000
Motor dan Pejalan Kaki
Rp. 2.000


Fasilitas
Macam-macam Fasilitas Rumah Joglo
  •  Pendopo
Pendopo merupakan ruang terbuka yang berfungsi sebagai tempat pertemuan. Kapasitasnya kurang lebih 200 orang dapat digunakan untuk acara kantor seperti tempat meeting, workshop dan seminar, selain itu dapat digunakan untuk acara resepsi pernikahan.
  •  Camping Ground 
Sewa Tenda sudah termasuk kasur, bantal, selimut dan sleeping bag
Jenis Tenda
Harga
Tenda Pleton
Rp. 2.500.000
Tenda Regu
Rp. 2.000.000
Tenda Doom (kapasitas 5 orang)
Rp. 375.000
  • Joglo
Saat ini baru ada 4 buah joglo yang berfungsi sebagai penginapan. Kapasitasnya bisa menampung 50 orang dilengkapi kamar mandi didalam. Harganya Rp 180.000/orang.  
  •  Private Room
Jumlah Private room baru ada 6 kamar, tiap-tiap kamar namanya berbeda-beda. Menurut saya namanya-namanya unik yaitu diambil dari bahasa jawa. Private room ini menurut saya sangat sempit terdiri dari 2 kasur, AC, Televisi (TV) dan meja. Private room ini kamar mandi berada di luar. Harga per kamar Rp.300.000/per malam.
 
Kamar Private Room
Kamar Mandi yang Berada di Luar Kamar
  • Restoran atau Cafe
Konsep restoran atau cafe yaitu rumah joglo dan diberi nama sesuai dengan kebudayaan Jawa, namnya cafe semar dilengkapi dengan barang-barang antik dan hiasan khas Jawa.  Menu makanan khas rumah joglo dapat dilihat disini.

Cafe Semar Tampak Depan

Bagian dalam Cafe Semar
 
Hiasan Antik Bagian Depan Cafe Semar
  • Fying Fox
Tingginya kurang lebih 200 meter, harganya Rp.25.000 per orang
  •  Pain Ball
Harganya Rp. 150.000/orang
  •  Kolam renang
Waktu
Anak-anak
Dewasa
Week Day
Rp. 10.000/orang
Rp. 15.000/orang
Week End
Rp. 15.000/orang
Rp. 25.000/orang
  •  Pemancingan
Kolam Ikan untuk Pemancingan
Saung disekitar Kolam Pemancingan
Kolam pemancingan tersebut sewaktu-waktu dipakai juga untuk balon air hal ini disesuaikan dengan pengunjung. Jika pengunjungnya kebanyakan anak-anak maka setengah dari kolam pemancingan ikan dipakai untuk balon air. Didekat area kolam pemancingan terdapat saung-saung seperti gambar diatas. Pembayaran kolam pemancingan tergantung dari banyaknya ikan yang didapat.
Jenis Ikan
Harga
Ikan Mas
Rp. 45.000/kg
Ikan Nila
Rp. 35.000/kg
Ikan Gurame
Rp. 50.000/kg
Ikan Patin
Rp. 50.000/kg
  • Rafting atau Arum jeram
Harganya Rp. 250.000/orang
Rafting atau Arum Jeram

Outbond Mini
Harganya Rp.25.000/orang

Outbond Mini
  •  Belajar Membatik


Jenis Batik
Bahan
Harganya
Batik Jumputan
Combet
Rp. 60.000/kaos
TC
Rp. 50.000/kaos
Cardet
Rp. 45.000/kaos
Batik Tulis

Rp. 35.000.kain
Batik Cetak

Rp. 25.000


Tempat membatik atau melukis
  • Sewa Alat Musik
Harganya Rp. 60.000/jam
  • Sewa Sound System
Harganya Rp. 500.000
  • Resort
Tempatnya berupa saung yang dapat digunakan untuk santai, selonjoran bahkan bisa makan juga. 
  • Toilet
Toilet
Keunggulan Kampung Wisata Rumah Joglo
Kampung wisata rumah joglo selain sebagai tempat rekreasi juga sebagai tempat untuk edukasi anak-anak terutama tentang kebudayaan jawa dan seni. Anak-anak dapat belajar batik, melukis dan melihat kerajinan yang dibuat oleh penduduk sekitar kampung wisata rumah joglo. Guru yang mengajar seni kepada anak-anak berasal dari mahasiswa Institut kesenian Jakarta(IKJ)

Souvenir
Ada souvenir  yang dibagikan kepada pengunjung, souvenir ini dibuat oleh penduduk asli warga sekitar kapung wisata rumah joglo.

Pengunjung
  • Pribadi yang ingin menepi dari penatnya kota, karena di rumah wisata kampung joglo ini suasananya masih alami.
  • Kantor yang akan mengadakan team building, kampung wisata rumah joglo menunjang untuk acara team building kantor karena menyediakan fasilitas penginapan untuk kapasitas banyak dan dilengkapi dengan out bond dan permainan lainnya.
  • Kantor yang hendak mau meeting, bisa dilakukan di pendopo.
  • Sekolah, biasanya sekolah tingkat play group sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan rekreasi sekaligus belajar seni dan melihat rumah tradisional Jawa Tengah.
Saran
  • Lebih baik berangkat pagi-pagi dibawah jam 9 pagi untuk menghindari jalan macet apalagi kalau weekend. Jalan yang dilalui rawan macet karena penuhnya kendaraan, karena sekitar jalan yang dilalui banyak tempat wisata lainnya dan juga diakibatkan oleh banyaknya angkot.
  • Sebaiknya booking terlebih dahulu jika akan berkunjung ke kampung wisata rumah joglo untuk acara kantor dan sekolah, karena dikhawatirkan sudah penuh. Booking tempat bisa via telpon.
Kesan
Selama saya berada kampung wisata rumah joglo betah, cocok untuk saya yang ingin refresh sejenak dari penatnya aktivitas. “Bogor rasa Solo” benar-benar kental, rasanya nggak percaya kalau saya lagi di Bogor. Selain itu merasa benar-benar dekat dengan alam, mendengar suara gemerincik air begitu pikiran tenang, sejauh mata memandang berbagai macam pohon-pohon yang daunnya berwarna hijau. Lain kali saya ingin mencoba menginap bareng keluarga di rumah joglo.

Info
Telpon: 0251 8620698

Ayo bagi yang ingin merasakan “Bogor rasa Solo”datang ke kampung wisata rumah joglo.Apalagi yang ingin tahu dan ingin melihat langsung rumah adat provinsi Jawa Tengah wajib datang ke sini dijamin nggak bakal nyesel malah ingin datang lagi hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar