Jumat, 30 Maret 2012

Aku Menemukan Obat Penawar di Sebuah Warung



Komunitas jalan-jalan, komunitas anak gaul,
komunitas pecinta alam, komunitas jurnalistik dan lain-lain.
                                                                           
Nama komunitas yang baru saja aku sebutkan adalah sekilas tentang nama-nama komunitas yang sering aku dengar. Namun diantara beberapa nama komunitas diatas aku belum menjadi bagian dari salah satu komunitas diatas.

Menurut WikipediaKomunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan" kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".

Aku dan komunitas pada awalnya belum ada saling keterkaitan, namun berbeda setelah aku bergabung dengan komunitas blogger beberapa bulan yang lalu. Aku ikut komunitas blogger karena tahu dari seorang teman yang juga seorang blogger. Rasanya belum pantas jika aku sendiri di sebut sebagai blogger karena aku baru terjun dan suka nge blog baru-baru ini dan itupun karena termotivasi oleh seorang teman. Teman yang menjadi inspirasi aku dalam ngeblog yaitu andi dan teh rina. Andi adalah orang yang pertama kali menjadi inspirasi aku untuk memiliki akun blog. Saat aku membaca tulisan mengenai kejadian sehari-harinya andi dan akupun menjadi tertarik untuk memiliki akun blog. Aku memiliki akun blog sejak tahun 2008, namun sesudah buat akun blog aku lama vacum dan tidak pernah diisi. Sejak pertengahan 2011 aku baru mulai sering dan itupun terdorong dari teh rina. Teh rina merupakan teman kerja aku sekarang.

Note: Teh adalah kepanjangan dari teteh (bahasa sunda) yang artinya kakak perempuan (dalam bahasa Indonesia)


Aku bercerita kepada teh rina tentang kejenuhan yang dirasakan. Aku yang baru lulus kuliah, yang dalam beken zaman sekarang masih labil saat membiasakan aktivitas yang harus dijalani sekarang sehingga cepat merasa bosan. Ritme antara kos-kantor dan kos lagi yang terjadi berulang-ulang selama 5 hari dalam seminggu sehingga membuat aku cukup jenuh dan selalu ingin cepat-cepat datang hari jumat sore biar besoknya adalah hari libur. Namun walaupun aku selalu ingin waktu itu berputar lebih cepat namun tetap saja bahwa dalam 1 hari terdapat 24 jam.

Aku ingin memiliki aktivitas lain yang bermanfaat dan membuat kejenuhan aku terobati. Teh rina yang sudah lama langlang melintang di dunia blogger mengusulkan aku untuk aktif ngeblog dengan alasan supaya kejenuhan yang aku rasakan bisa aku tuliskan di dalam blog, anggap saja blog sebagai diary digital. Aku sedikit demi sedikit mengikuti saran teh rina dan mulai belajar nge blog dengan menulis hal-hal yang aku rasakan alias curhat pada postingannya. Selain itu teh rina juga menyarankan aku untuk bergabung di group para blogger di situs jejaring sosial.

Berdasarkan sarannya juga supaya blog aku banyak dikunjungi orang dan aku pun bisa berkunjung pada blog orang aku disuruh untuk ikut bergabung group yang bernama warung blogger pada facebook. Penghuni warung blogger banyak yang menyelenggarakan Giveaway dalam rangka menyemarakan ultah blog nya. Selain itu juga banyak memberikan informasi tentang adanya kontes blog. Eh ternyata apa yang disarankan oleh teh rina memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk aku.

Warung blogger seperti memberikan obat penawar jenuh untuk aku dengan adanya informasi tentang Giveaway dan kontes blog sangat bermanfaat untuk aku. Adanya informasi tersebut aku mulai tertantang untuk mengikutinya. Beberapa Giveaway aku ikuti dan kontes lomba blog. Walaupun sampai saat ini belum ada yang membuahkan kemenangan. Namun aku jadikan sebagai media untuk belajar menulis cerita. Jika selama ini aku bercerita dengan mulut maka kali ini aku belajar untuk merefresentatifkan ucapan dan pikiran aku dalam sebuah tulisan.

Selain itu juga warung blogger membuat aku lebih bersemangat untuk “hidup kembali”. Sehingga rasa jenuh aku menjadi hari di tempat kerja sedikit terobati. Aku menjadi lebih semnagat untuk datang pagi dengan alasan biar bias pulang tepat waktu. Jika aku pulang tepat waktu maka pada malam sebelum aku tertidur lelap aku bisa ngeblog terlebih dahulu. Aku ngeblog berarti aku menulis untuk selanjutnya aku posting. Menulis membuat aku merasa lebih berimajinasi dan membuat pikiran aku terbuka luas seperti diatas hamparan birunya langit.   



Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Aku dan Komunitas #Pesta Komunitas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar