Kamis, 06 Maret 2014

Hidup Itu Pilihan, Pilihlan Jadi Pemenang

Hidup ini penuh dengan pilihan,
Sebagian adalah pilihan yang benar
sebagian adalah pilihan yang salah
Kita bebas menentukan arah hidup kita,

TAPI INGAT
menyangkut narkoba hanya ada dua pilihan
pilih hidup atau mati
Tolaklah narkoba

maka kamu akan menjadi pemenang dalam hidup ini.



Saya mengutip kata-kata diatas dari makalah “bahaya narkoba bagi generasi pemuda” yang merupakan tugas sekolah dulu. 

Pemenang berasal dari kata menang, lawan katanya kalah. Pemenang adalah orang yang memenangkan suatu pertandingan atau kompetisi. Hal yang didapat dari pemenang adalah adalah piala, ucapan selamat dan kebanggaan. Pertandingan ini bukanlah pertandingan dengan orang lain melainkan pertandingan dengan diri kita sendiri. Pertandingan melawan hawa napsu sendiri supaya tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Jadi yang paling mendasar dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba itu dimulai dari pencegahan pada diri kita sendiri. Diri sendiri menjadi salah satu pendorong utama penyalahgunaan narkoba karena diri sendiri yang tidak bisa menolak ajakan orang lain, ingin coba-coba, mudah terpengaruh oleh orang lain tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkannya, ingin diterima oleh suatu kelompok, tidak berani berkata TIDAK pada narkoba dan tidak mampu menghadapi tekanan pergaulanan yang menggunakan narkoba. Berikut ini pencegahan penyalahgunaan narkoba pada diri sendiri diantaranya: 
Taat Beribadah
Manusia sebagai makluk ciptaan Allah kita mesti senantiasa harus mendekatkan diri dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya supaya selalu dilindungi dari segala bentuk macam bahaya dan godaan setan. Selain itu ketahui pandangan agama terhadap narkoba.

Tekadkan Niat
Niat adalah hal yang paling penting mesti dimiliki seseorang karena semua perilaku yang dilakukan berasal dari niat. Oleh karena itu mulailah untuk tekadkan dalam hati untuk tidak akan menyalahgunakan pemakaian narkoba. Narkoba aman digunakan jika tujuannya untuk obat dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.

Patuh pada Nasihat Orang Tua
Nasihat orang tua adalah kegelapan yang akan menerangi jalan anaknya. Orang tua senantiasa selalu memberikan nasihat anaknya dengan hal-hal yang baik termasuk supaya tidak sekali-kali melakukan pemakaian narkoba jenis apapun, termasuk rokok dan minuman beralkohol. Orang tua menginginkan anaknya berada pada jalan yang benar, ingin anaknya berhasil dalam berbagai hal baik dalam sekolah maupun perkerjaannya supaya dapat membanggakan orang tua.

Patuh Nasihat Guru atau Dosen
Edukasi terhadap pemahaman bahaya narkoba diberikan pihak sekolah yang bekerja sama dengan instansi terkait biasanya dengan kepolisian setempat. Guru / dosen adalah orang tua murid selama berada disekolah dan senantiasa selalu mengingatkan akan bahaya narkoba dan mencegah anak-anak muridnya supaya tidak terjerumus.

Pilih – Pilih Teman dan Lingkungan Pergaulan
Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa akan selalu berinteraksi dengan orang lain dan linkungan. Pilih teman disini bukanlah memilih teman dengan maksud membedakan status sosialnya, miskin atau kaya, pintar atau bodoh melainkan memilih teman yang akan membawa kita pada hal yang membawa pada kebaikan. Teman yang berada pada lingkungan yang baik otomatis akan membawa kita pada hal positif, pergaulan salah satu yang dapat menyebabkan terperosok, oleh karena itu mesti berhati-hati dalam memilih teman. Jangan takut untuk meninggalkan teman yang memberikan pengaruh buruk. Oleh karena itu carilah teman yang baru jika teman yang lama hanya berupaya menjerumuskan kita ke dalam bahaya. Jika perlu pilih kawan yang biasa-biasa saja walaupun culun dan katro. Bergaul dengan orang saleh / soleh umumnya bisa menyelamatkan kita dari jerat narkoba.

Punya Hobi
Waktu luang tidak akan terbuang percuma bagi orang yang memiliki hobi sehingga setiap waktunya akan terisi oleh hal-hal yang bermanfaat yang dapat mengembangkan minat, bakat dan kreativitas yang dimilikinya. Orang yang memiliki hobi cenderung tidak akan memiliki kesempatan untuk mencoba-coba narkoba dan tidak kan mau mencoba narkoba karena dapat merusak hobi yang sangat digemarinya.

Mau Berbagi
Berbagi disini bukan berarti berbagi materi atau hal lainnya, tetapi jika sedang menghadapi suatu permasalahan yang rumit yang sekiranya diri sendiri tidak bisa menyelesaikan jangan dipendam sendiri. Sebaiknya cerita atau bahasa bekennya curhat dengan orang lain (orang tua, teman atau guru). Bercerita pada orang lain akan sedikit merasa lega walaupun masalah yang dihadapi belum selesai dan mungkin saja orang lain akan memberikan solusinya. Namun biasakan untuk terbuka sama orang tua terlebih dahulu jangan sungkan, malu dan takut untuk cerita karena orang tua adalah orang yang paling dekat dengan kita didalam kelurga dan tidak ada orang tua yang tidak mau membantu anaknya. Banyak kasus penyalahgunaan penggunaan narkoba karena ingin lari dari masalah yang sedang dihadapinya. Tuhan memberikan cobaan dan ujian itu tidak akan melebihi batas kemampuan umatnya dan ingat kalau setiap masalah yang menimpa pasti ada solusinya, tetapi narkoba bukan solusi untuk menjadi pemenang.

Senang Membaca
Membaca adalah cara membuka jendela dunia karena banyak ilmu pengetahuan, berita dan informasi diperoleh dengan membaca. Membaca tidak hanya mesti membaca buku pelajaran sekolah saja akan tetapi perlu membaca berita dan infomasi yang up to date baik itu dari media cetak dan media elektronik. Pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bisa diketahui dengan membaca dan sekarang ini marak diberitakan bentuk pengedaran narkoba di Indonesia dan pahami modus pengedaran narkoba pada generasi muda. Serta perbanyak membaca berita up date yang berhubungan dengan kasus-kasus narkoba.

Membiasakan Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat merupakan gaya hidup dengan memperhatikan berbagai hal dimulai dari makanan, minuman dan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari, olahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, lingkungan yang sehat, optimis, pribadi yang kuat, menjauhi narkoba, tidak minum-minuman keras dan tidak merokok. Kesehatan diperoleh dengan menjalankan aktivitas yang memperhatikan gaya hidup sehat. Kekayaan lahir dan batin jika terjebak dalam kondisi sakit baik itu karena virus penyakit atau pun karena tingkah polah kita yang tidak memperhatikan kondisi badan.

Jauhi Workaholic
Bagi yang sudah bekerja sebaiknya bekerjalah sesuai dengan batas kemampuan kemampuan sendiri. Jangan diporsir dengan terus-menerus bekerja karena badan juga memelukan istirahat. Banyak kasus pecandu narkoba beralasan untuk menjaga supaya badan lebih bertenaga sehingga dapat bekerja keras melampaui batas normal. Hal ini karena salah satu efek yang ditimbulkan narkoba yaitu sebagai stimulant, yang mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya.
 
TIDAK PADA NARKOBA


Salam
Iaalginat

2 komentar:

  1. Kalau bisa melewati itu semua maka kita pun akan menjadi pilihan ya Mba ? :D
    Memang narkoba harus di hindari dari segala bentuk tipu muslihat yang akan menjerumuskan generasi bangsa ini ya ?

    Salam

    BalasHapus