Kamis, 06 Maret 2014

Blogger Reporter Indonesia (BRID) & Badan Narkotika Nasional (BNN)


Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan Forum Discussion Group (FDG) dengan Blogger Reporter Indonesia (BRID) yang bertempat di restoran Mie Ceker Bandung, Jalan Pondok Gede Raya Nomor 9 Jakarta Timur. Acara FDG tersebut diadakan pada hari sabtu 22 Februari 2014, cuaca pada hari tersebut hujan deras mengguyur Bogor namun tidak menyurutkan langkah kaki saya untuk pergi. Penasaran dengan materi yang akan dibahas pada FDG karena pastinya akan memberikan ilmu baru yang akan bermanfaat dan ingin bertemu dengan teman-teman BRID karena sudah lama tidak bertemu. FDG yang diselenggarakan BNN seperti acara kopi darat (kopdar) dengan teman-teman BRID karena menjadi sarana untuk saling tatap muka dengan teman-teman. Hujan dihari itu rata wilayah Jakarta, Bekasi dan Tanggerang pun hujan namun banyak teman-teman BRID yang sudah lebih dahulu datang ketimbang saya yang terlihat pada buku daftar hadir saat registrasi. Ada yang menarik saat registrasi kami semua diberikan soal pree test seputar pengetahuan tentang narkoba, aduh sedikit deg-degan takut salah menjawab soal tersebut hehe, namun saya jawab sebisanya saja. Tepat pukul 10.00 WIB acara dibuka oleh ibu Retno selaku divisi media BNN lalu dilanjutkan dengan dengan presentasi yang disampaikan oleh Bapak Drs Gungun Siswamdi Msi selaku direksi diseminasi informasi Badan Narkotika Nasional (BNN) yang berjudul “pencegahan penyalahgunaan narkoba”.

Pembukaan presentasi Bapak Gungun mengatakan bahwa kejahatan luar biasa didunia ini ada tiga macam yaitu teroris yang dapat menghilangkan nyawa, korupsi yang dapat menghilangkan uang dan narkoba yang dapat mengancam hilangnya generasi muda (Lost Generation). Apabila overdosis bisa menyababkan kematian karena pusat pernapasan diotak tertekan dan lumpuh dampak lainnya yaitu bisa memnyebabkan kerusakan otak yang permanent. Saya merinding mendengar dampak yang diakibatkan dari narkoba bagaimana jadinya bangsa indonesia jika generasi penerusnya seorang pecandu...?

Harga narkoka di Indonesia 1 kg mencapai 2 miliyar sementara di luar negeri harganya hanya 500 juta. Indonesia menjadi tempat yang potensial untuk penjualan narkoba karena harganya yang cukup fantastis. Oleh karena banyak kasus penyelundupan narkoba dari luar negeri ke indonesia. Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang dibatasi oleh 2 samudera yaitu samudra hindia dan samudera Indonesia wilayah daratan Indonesia 1/3 dari luas seluruh Indonesia sedangkan 2/3 -nya berupa lautan, dengan perbandingan itu maka Indonesia dijuluki sebagai negara kelautan atau maritim. Oleh karena itu penyelundupan narkoba hampir 80% melalui jalur laut karena terdapat 200 pintu masuk ke Indonesia melalui peraiaran. Segala cara dilakukan oleh pengedar supaya narkoba masuk ke Indonesia. Berikut beberapa cara penyelundupan narkoba ke Indonesia bermacam-macam diantaranya:
  • Dimasukan ke dalam kaligrafi Al'quran
  • Dimasukan ke dalam handuk basah
  • Dimasukan ke dalam kancing
  • Di dalam tabung oksigen
  • Di dalam Ukiran Kayu
  • Di dalam lukisan
  • Dilinting dalam rambut gimbal
  • Didalam kaki palsu
Bapak Gungun pun menyampaikan visi dan misi yang diemban oleh BNN yaitu bersama mewujudkan Indonesia bebas narkoba pada tahun 2015 dan melakukan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) secara komprehensif dan sinergis. Sehingga harapannya dapat meningkatkan masyarakat yang sehat terbebas dari narkoba, menurunkan angka penyalahgunaan narkoba dibawah 2,8% dari jumlah penduduk Indonesia dan meningkatkan penangkapan jaringan pengedar gelap narkoba pada akhir tahun 2015.

Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Thamrin Dahlan selaku mantan direktur rehabilitasi BNN beliau adalah pihak yang menjembatani terselenggaranya FDG antara BNN dengan BRID. Jadi dalam FDG tersebut blogger khususnya BRID diajak untuk ikut serta dalam mendukung tujuan BNN yaitu “bersama mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba 2015” dengan menulis 10 ribu artikel yang bertemakan narkoba. Peran Blogger dalam pencegahan narkoba diantara:
  • Blogger melalui tulisan artikelnya bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang bahaya narkoba.
  • Blogger bisa menghimbau untuk menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat sehingga setiap masalah tidak perlu dengan narkoba namun bisa melalui hal lain yang tidak merugikan contohnya dengan menulis.
  • Blogger mendorong supaya para pecandu narkoba melaporkan diri ke Institusi penerima Wajib Lapor (IPWL) seperti puskesmas, rumah sakit dan poliklinik BNN supaya mendapatkan assesment dan mendapatkan rehabilitasi secara gratis
Pembicara yang terakhir yaitu Bapak Hazmi Surondol, selaku super admin dari BRID menyampaikan sambutan dalam FDG ini dan memaparkan kriteria dan mekanisme penulisan artikel tersebut yang akan dikoordinasi oleh admin BRID. Setelah Preentasi selesai maka diadakan post test dengan menjawab pertanyaan yang telah disediakan, untung saja menyimak materi presentasi sehingga bisa menjawab pertanyaan tersebut, kibas poni...!

Permasalahan narkoba bukalan masalah perseorangan seperti pihak kepolisian saja, BNN saja, keluarga para pecandu saja, pecandu itu sendiri saja, melainkan menjadi masalah bersama yang harus saling bahu membahu menumpas pengedaran narkoba dari muka bumi ini dan mencegah penggunaan narkoba. Ayo kita sama-sama jauhi narkoba dimulai dari sendiri tanamkan pada hati bahwa tidak akan pernah yang namanya bersentuhan dengan narkoba, tanamkan pada keluarga beri pondasi yang kuat (edukasi tentang bahaya narkoba) kepada semua anggota keluarga supaya tidak terjerumus dan kemudian kepada tebarkan semangat dan hal-hal yang positif kepada masyarakat sekitar diawali dengan tempat dekat kita tinggal supaya kita berada pada lingkungan yang sehat.

Menurut saya terselenggaranya FDG tersebut sangat bermanfaat selama ini saya hanya mendengar kalau narkoba tersebut berbahaya namun belum pernah andil terlibat dalam upaya pencegahannya. Saya masih newbie dalam dunia menulis masih banyak belajar dari yang sudah memiliki jam terbang banyak namun saya cukup merasa senang karena mendapatkan kesempatan ini sehingga bisa memberi sumbangsih dalam upaya pencegahan narkoba melalui menulis artikel.

Ayo semangat menulis...!!!

Salam
Penulis      : Iaalginat
Email        : Paizah11@gmail.com
Twitter      : https://twitter.com/iaAlginat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar